Sabtu, 12 Januari 2013

George Best

George Best

George Best adalah seorang legenda sepakbola dari Irlandia Utara (Northern Irrish). George Best  lahir pada 22 mei 1946 (di Belfast) dan wafat pada 25 November 2005 pada usia 59 tahun. Pemain sepakbola berposisi sebagai winger  ini lebih di kenal sebagai legendanya tim inggris, Manchester United. Selama 13 tahun mengabdi di Manchester United, George Best  tercatat telah mencetak gol sebanyak 179 kali dari 470 pertandingan yang ia mainkan. Catatan gol tersebut adalah bukti George Best merupakan pemain tengah yang tajam dalam hal mencetak gol. Puncak karir nya ia gapai ketika tahun 1968 mengantarkan Manchester United menjadi juara Eropa ( Piala Champions ) untuk pertama kalinya. Prestasi tersebut menghantarkan dirinya meraih gelar pemain terbaik eropa ( European Footballer of The Year) dan FWA Footballer of The Year (Football Writers Association Footballer of The Year).
George Best dikenal sebagai pesepakbola  yang tampan, bergaya hidup layaknya celebritis, bergonta-ganti pasangan, dan pencandu minuman berakohol. Sempat menikah dua kali dengan model cantik dan terkenal di inggris : Alex Best dan Angie Best.


Karir Sepakbola Profesional
Bakat George Best pertama kali ditemukan oleh pencari bakat tim Manchester United, Bob Bishop ketika ia masih berusia 15 tahun. Pencari bakat tersebut merekomendasikan George Best pada Matt Busby, pelatih legendaris Manchester United. Setelah mengikti tes awal, George Best dinyatakan lulus untuk masuk ke tim junior Manchester United. Hanya 2 tahun di tim junior George Best di promosikan ke tim utama dan menjalani debutnya pada 14 September 1963 melawan West Bromwich Albion di Old Traford dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan Manchester United. Di musim pertamanya di tim utama Manchester United, George Best hanya mampu membawa membawa tim nya ke posisi dua klasemen akhir liga inggris dan mencapai semifinal Piala FA, dengan 26 kali pertandingan dan 6 gol.
George Best terus berkembang bersama Manchester United, di tahun keduanya George Best berhasil membawa Manchester United menjadi juara Liga utama inggris.

Di tahun berikutnya George Best mulai menjadi buah bibir di eropa, usai mencetak dua gol ke gawang Benfica di semi final Piala Champions, hebattnya kedua gol tersebut di cetaknya di kandang lawan, Estadio da Luz pada 9 Maret 1966. Namun pada tahun tersebut George Best tidak berhasil mempersembahkan gelar kepada MU.

Musim 1967-68 merupakan puncak karir bagi George Best yang juga pencapaian tertinggi MU saat itu. George Best bersama rekannya Bobby Charlton yang juga legenda MU, mengantarkan MU menjuarai Liga dan menjuarai Piala antar klub Eropa ( Piala Champions ). Penampilan memukaunya sepanjang musim tersebut dengan koleksi 32 gol dari 55 pertandingan berbutut gelar Ballon d'Or pada 1968.

Namun selepas tahun itu, karir George Best terus menurun. Tak ada lagi gelar juara yang ia berikan bagi MU hingga ia pindah ke klub lain pada tahun 1974.

Sejak keluar dari Old Traford, George Best berpidah-pindah klub : dari Africa Selatan ( Stockport County ), Irlandia Utara ( Cork Celtic ), America (Los Angels Aztecs, Fort Lauderdale Strikers, San Jose Earthquake ), kembali lagi ke Inggris bersama Fulham, Skotlandia ( Hibernian ), dan mengakhiri karir nya di divisi 3.


Karir Timnas
George Best tercatat hanya mencetak 9 gol dari 37 kali membela timnas Irlandia Utara. Selama karirnya bersama timnas, George Best tidak pernah berhasil membawa Irlandia Utara ke kompetisi Piala Dunia. Ketika Penyelenggaraan Piala Dunia 1982 di Spanyol. Irlandia Utara memang sempat lolos ke putaran final Piala Dunia bahkan sempat menjadi juara grup pada babak penyisihan grup pertama, namun pada saat itu George Best tidak dibawa oleh pelatih timnas Irlandia Utara, Billy Bingham dikarnakan pertimbangan usia George Best yang telah 36 tahun dan fisik dan skillnya yang telah memudar dikarnakan pengaruh minuman keras.


Setelah Lepas dari sepakbola
Setelah lepas dari kehidupan sepakbola George Best, tidak mencari peruntungan lain di dunia sepakbola. George Best lebih sering menjadi santapan lezat para pencari berita yang mengkomersilkan kehidupan pribadinya.

George Best tidak pernah lepas dari pengaruh minuman keras, bahkan tercatat Polisi beberapa kali menangkapnya karna kedapatan menyetir dalam keadaan mabuk. George Best pernah terlibat masalah dikarnakan mencuri uang seseorang yang uangnya digunakan untuk membuli minuman keras (sumber : wikipedia ). Kecanduannya terhadap alkohol menyebabkan hatinya rusak dan sempat melakukan transplantasi hati pada 2002. Namun George Best tidak pernah kapok, Ia terus sering melakukan kebiasaan buruknya mengkonsumsi alkohol.

Pada 27 Oktober 2005 George Best wafat di RS Cromwell di London pada usia 59 tahun, setelah dokter mendiagnosa dirinya gagal ginjal. Salah satu penyebabnya adalah karna kebiasaannya mengkonsumsi alkohol

Kepergian George Best meninggalkan banyak kenangan terutama bagi Manchester United. FA (Federasi Sepakbola Inggris) memberikan penghormatan dengan melakukan 1 menit kesunyian sebelum pertandingan di semua pertandingan Liga Inggris pada selama seminggu ketika George Best meninggal dan tepukan tangan selama beberapa menit untuk menghormati jasanya.

Nama George Best kini tercatat sebagai nama bandara di kota kelahirannya, Belfast, Irlandia Utara. Hal tersebut di prakarsai oleh pemerintah kota Belfast. Dan dari hasil polling masyarakat sebanyak 52% setuju mengabadikan namanya, pada nama bandara, George Best Belfast City Airport.
source : wikipedia, google

0 komentar:

Poskan Komentar