Kamis, 18 Oktober 2012

Perilaku Pengguna Internet Indonesia Berdasar Hasil Survei Ipsos

Minggu lalu, Anda membaca analisis dan opini Wiku tentang hasil survei Ipsos. Ketika itu, Wiku mengangkat tentang perilaku pengguna internet dalam online shopping. Survei Ipsos tidak hanya menyinggung tentang jual-beli online. Berikut beberapa data yang lebih lengkap tentang perilaku pengguna internet Indonesia yang disebut dalam survei Ipsos tersebut. Saya harap, alih-alih bosan membaca angka-angka berikut, Anda justru mendapatkan ide berdasarkan angka-angka ini.
Email
Sebanyak 9 dari 10 (91 %) pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk membuka dan mengirim email. Jumlah ini menempati peringkat keempat dari 24 negara yang disurvei. Secara global, 85% pengguna internet membuka dan mengirim email ketika mereka sedang online.
Social Media
Indonesia berada di peringkat teratas dalam penggunaan internet untuk social media, termasuk forum dan blog. 83% pengguna internet Indonesia mengunjungi social media saat online. Jumlah ini di atas Argentina (76%), Rusia(75%), Afrika Selatan (73%), Swedia (72%), Spanyol (71%), dan Hungaria (70%). Jika dilihat secara global, 62% pengguna internet di dunia menggunakan internet untuk social media.
Hiburan dan Hobi
Selain untuk social media, 62 % pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk hiburan dan mencari informasi yang berkaitan dengan hobinya. Tertinggi untuk kategori ini adalah Turki (72%) dan yang terendah adalah Arab Saudi (35%). Sedangkan, rata-rata global adalah sebanyak 57%.
Jenis hiburan yang dicari pengguna internet Indonesia berdasarkan hasil survei Ipsos ini diungkap oleh Kompas Tekno. Pengguna Indonesia terutama paling sering mengunduh dan streaming musik (60%), film (43%), game online (27%), dan menonton televisi melalui live streaming (23%).
Selain hal tersebut di atas, Ipsos juga melakukan survei perilaku pengguna internet global dalam beberapa hal lain. Hasilnya, Ipsos menemukan bahwa 14% pengguna internet menggunakan internet untuk melakukan panggilan VoIP, 59% untuk internet banking, 41% untuk mencari pekerjaan.
Laporan Ipsos tentang hasil survei ini bisa Anda baca di halaman-halaman berikut sesuai kategorinya. Untuk kategori Komunikasi dan Jejaring Sosial, Hiburan dan Permainan, Belanja dan Keuangan Pribadi.

Sumber : http://dailysocial.net

0 komentar:

Poskan Komentar