Kamis, 28 Maret 2013

Tugas Lembaga Keuangan Perbankan (Financial World Flow)

Nama : William Andreas
NPM  : 18210516
Kelas : 3EA17


Aliran Dana Bank


 

Gambar 1

Dari gambar 1 kita dapat melihat bahwa A mengalami Surplus dan B mengalami Minus, dengan kata lain pihak B ingin meminjam uang kepada pihak A, yang di perlukan agar proses meminjam terjadi adalah: (1) Trust (Kepercayaan), (2) Find (Kepunyaan / Kepemilikan). Maka dari pada proses di atas terciptalah bank sebagai penengah dari masalah di atas. Jika A menabung ke dalam bank akan mendapatkan i1 (Bunga) yang di berikan oleh bank, dan Jika B ingin meminjam  uang maka pihak B harus membayar i2 (Bunga) kepada bank.

Produk bank :
1. Tabungan (Saving Deposit)
2. Giro (Demand Deposit)
3. Deposito (Time Deposit)
4. Kredit

Gambar 2

Dari gambar 2 kita dapat melihat terciptanya Obligasi (Surat Hutang) dan Stock (Saham) yang di jual di Pasar Modal. 

Obligasi : Jika B ingin meminjam uang melalui Obligasi harus membayar bunga di awal peminjaman(3bln 10%) 10jt menjadi 9jt.

Saham : Jika B menjual saham ke pasar modal untuk mendapatkan modal tambahan, maka B harus membagi sebagian dari pendapatan / laba perusahaannya. Profit - Laba ditahan = Laba di bagikan
Laba di bagikan/ laba ditagih itu lah yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. (Pendapatan dari saham disebut Deviden).

Jika pada pukul 10:00 harga saham 10.000 di beli oleh A dan menjual pada pukul 14:00 harga saham 15.000. Keuntungan dari penjualan saham disebut Capital Gain



Gambar 3

Bank ingin membangun sebuah perusahaan tetapi tidak diperbolehkan, maka bank memberikan Leasing (Kepemilikan) kepada perusahaan. bila pada gambar 3 diatas kita dapat melihat bank memberikan Leasing kepada PT. Itis dengan membayar i4 kepada bank.

PT. Itis mengasuransikan (Asuransi) perusahaannya kepada ABC sebesar 100jt dengan premi perbulan 100rb. ABC mengasuransikan lagi (Reasuransi) kepada KLM 80jt dengan premi perbulan 100rb, jadi ABC hanya 20 jt dengan premi 20rb/bln. tapi KLM pun mengajak (Retrocesi) OPQ (Perusahaan luar negeri) untuk join dengan mengasuransikan lagi 60jt dengan premi 60rb/bln. jadi KLM hanya menanggung 20jt dengan premi 20rb/bln.

Perputaran dana bank ini disebut Financial World Flow



0 komentar:

Poskan Komentar