Kamis, 02 Mei 2013

Penyebab Kelangkaan Solar

VIVAnews - Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan mengungkapkan penyebab terjadinya kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar di sejumlah daerah.

Karen saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa 23 April 2013, mengungkapkan, adanya ketidakcocokan data kuota yang dialokasikan antara yang ditetapkan di DPR dengan perhitungan Pertamina menyebabkan terjadi kelangkaan di beberapa daerah.

"Kan, kemarin itu penentuan berapa berapanya dengan DPR. Kalau kita, sudah tahu pertumbuhannya berapa," tambahnya.

Persoalan itu, menurut Karen, menjadi masalah utama terjadinya kelangkaan tersebut. Jadi, bukan permasalahan distribusi yang selama ini diributkan.

Sementara itu, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menginstruksikan kepada Pertamina untuk mengatasi kekurangan Solar bersubsidi yang menjadi masalah saat ini.

Hal tersebut, dengan cara membuka jatah kuota bulanan BBM jenis itu di daerah-daerah yang kekurangan. "Yang penting, tidak ada antrean panjang seperti itu. Dicukupi barangnya," ujar Jero di tempat yang sama.

Jero mengatakan dengan dibukanya batas kuota perbulan tersebut, bukan berarti pemerintah akan menambah kuota tahunan solar bersubsidi. "Siapa tahu kuotanya masih cukup," tuturnya.

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar