Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Mobil Toyota Avanza
Sonny Soedjatmiko
Topik : Kepuasan Konsumen
Penerbit : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya
Tempat/Tanggal Terbit : Jakarta / 2005Meningkatnya kebutuhan dan minat terhadap kendaraan bermotor
roda empat yang cukup besar di Indonesia dalam beberapa tahun
belakangan ini, merangsang investor-investor dari luar negeri untuk
melakukan investasi dan inovasi di bidang otomotif. Hal ini berdampak
pada tingginya persaingan antar perusahaan otomotif.
Dalam menghadapi situasi persaingan tersebut kepuasan
konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan
sukses tidaknya suatu produk yang ditawarkan ke pasar. Untuk
mengetahui bagaimana kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut
Toyota Avanza maka penulis mengadakan suatu riset dengan cara
menyebarkan kuesioner kepada para pemilik Toyota Avanza.
Penulis menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang
merupakan pemilik Toyota Avanza yang tinggal di daerah Duren Sawit,
Jakarta Timur. Kuesioner terdiri dari dua bagian yaitu, identitas diri
responden dan atribut Toyota Avanza. Atribut-atribut yang dianalisis
adalah desain interior dan eksterior, harga beli, kenyamanan berkendara,
daya tahan dan kehandalan mesin, bahan bakar, suku cadang, bengkel
dan nilai jual kembali.
Tujuan Penelitian:
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Toyota avanzaTeknik analisis data yang digunakan menggunakan tes statistik chisquare.
Tes statistik ini digunakan untuk melihat apakah terdapat
hubungan atau ketergantungan antara faktor demografi responden
dengan kepuasan responden terhadap Toyota Avanza.
Setelah data terkumpul dan dianalisis maka penulis dapat menarik
kesimpulan bahwa kepuasan konsumen terhadap Toyota Avanza relatif
positif atau cukup memuaskan. Dengan dasar penelitian tersebut penulis
memberikan beberapa saran kepada produsen Toyota Avanza untuk
mempertahankan keunggulan dan memperbaiki kelemahan produknya.
Sumber : http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=83303
0 komentar:
Posting Komentar