Selasa, 11 Juni 2013

10 Kereta Tercepat di Dunia

Teknologi transportasi berkembang dengan sangat cepat. Aneka jenis alat transportasi diciptakan dengan berbagai macam keunggulan teknologi terkini yang tidak hanya memperhatikan kenyamanan para penumpang namun juga tingkat kecepatan yang mungkin bagi orang awam sangat tidak masuk akal. Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jepang dan beberapa negara di Eropa saling berlomba - lomba menciptakan kereta tercepat di dunia. Dibawah ini merupakan daftar 10 kereta tercepat di dunia sebagai tambahan pengetahuan kita di bidang teknologi transportasi.
 
 
10 KERETA TERCEPAT DI DUNIA
 
1. MLX01
 
 
 
Kereta ini merupakan bagian dari proyek MAGLEV CHUO SHINKANSEN di Jepang. Kereta ini mampu berjalan dengan kecepatan 361 mph atau 581 kph. Untuk proyek ini, Jepang telah memperbarui sistem infrastruktur transportasinya. Untuk kereta api MLX01 ini, Jepang telah mengeluarkan dana sebesar USD 44 juta. Proyek ini masih terus berjalan dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2025
 
 
2. TGV EST V150
 
 
 
Walaupun tetap memiliki roda yang berjalan diatas rel seperti layaknya kereta api konvensional, TGV EST V150 ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 357,2 mph atau 574,8 kph. Kereta ini memiliki rute dari Paris ke Strasbougrh. Kereta buatan Perancis ini semula tidak dibuat untuk memecahkan rekor kereta tercepat namun hanya ingi menawarkan teknologi sebuah kereta cepat kepada beberapa negara, termasuk China
 
 
3. ML - 500R
 
 
 
Kereta ini masih hanya berbentuk sebuah prototype hingga saat ini. Tes kecepatan yang dilakukan pada tahun 1979 yang dijalankan oleh robot mencatat bahwa kereta ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 321,2 mph atau 517 kph. Proyek dari kereta ini tidak dilanjutkan karena kerena ini hanya merupakan cikal dibuatnya kereta MLU model yang juga merupakan bagian dari daftar 10 kereta tercepat di dunia
 
 
4. SHANGHAI MAGLEV TRAIN
 
 
 
Rute utama kereta ini adalah dari Pudong international airport ke pusat kota Shanghai. Kereta ini dibuat berdasarkan prototype Shanghai Maglev Train di tahun 1999. Kereta ini mampu berjalan dengan kecepatan 311,3 mph atau 501 kph. Konstruksi dari jalur rel kereta ini tergolong pendek karena hanya dibuat sepanjang 30 km yang dikerjakan pada tahun 2001
 
 
5. TRANSRAPID 07
 
 
 
Ini merupakan kereta uji coba yang dibuat hanya sepanjang ukuran 2 buah mobil yang diparkir berurutan. Itulah mengapa alat transportasi ini dinamakan Transrapid. Kereta ini mampu berjalan dengan kecepatan 279,6 mph atau 450 kph. Dengan alasan politik dan pemerintahan, proyek ini sempat mengalami beberapa kali perubahan hingga akhirnya tidak dilanjutkan sama sekali
 
 
6. SHINKANSEN
 
 
 
Shinkansen juga terkenal dengan nama bullet train. Test kecepatan yang dilakukan pada tahun 1996 menyebutkan bahwa kereta ini mampu berjalan hingga kecepatan 275 mph atau 443 kph. Sebagai contoh, perjalanan dari Osaka ke Tokyo hanya ditempuh dalam 2,5 jam dengan menggunakan kereta ini. Padahal jarak kedua tempat tersebut bila ditempuh dengan menggunakan mobil membutuhkan waktu minimal 6 jam.
 
 
7. MLU002N
 
 
 
 
Ini merupakan sebuah aerotrain buatan Jepang yang dibuat seukuran mobil namun mampu melaju dengan kecepatan hingga 267,8 mph atau 431 kph. Kereta inilah yang dijadikan patokan para Insinyur di Jepang untuk mengembangkan teknologi perkereta-apian di Jepang
 
 
8. AEROTRAIN
 
 
 
Ini merupakan sebuah proyek kereta api di Perancis yang tidak dilanjutkan. Bahkan pada tahun 1992 terjadi musibah kebakaran yang tidak hanya menghanguskan mesin - mesin Aerotrain namun juga track yang digunakan untuk test uji coba Aerotrain ini. Kereta ini mampu melaju hingga kecepatan 267.3 mph atau 430,2 kph.
 
 
9. TRANSRAPID 06
 
 
 
Kereta ini merupakan salah satu transrapid buatan Jerman yang menggunakan teknologi magnet untuk bergerak. Itulah yang menyebabkan kereta yang mampu bergerak dengan kecepatan sampai 256,4 mph atau 412,6 kph tidak berisik saat berjalan. Ini merupaka proyek masa depan dunia transportasi Jerman yang rencananya akan memiliki rute dari Munich airport ke pusat kota Jerman
 
 
10. ICE V
 
 
 
Kereta ini juga dikenal dengan nama Inter City Experimental. Kereta ini merupakan bagian dari program pemerintah Jerman dimana proyek untuk kereta ini telah dimulai pada tahun 1980 dan terus mengalami perkembangan. Kereta ini mampu berjalan dengan kecepatan hingga 282,8 mph atau 406.9 kph. Namun karena pada kenyataannya, kereta ini hanya dioperasikan dengan kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan maksimal yang mampu dijalankan.
 

0 komentar:

Posting Komentar